Permainan Apik Egy Maulana DI AFF U19

indosportsbook.com- Egy Maulana Vikri unjuk tetajaman dengan mencetak dua gol saat Timnas Indonesia U-19 menang 2-1 melawan Myanmar dalam laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (5/9/2017). Ia selama ini jadi mesin gol Tim Garuda Nusantara.

Saat uji coba menjelang Piala AFF U-18 menghadapi klub asal Spanyol, Espanyol B, Egy mencetak dua gol berkelas. Saat itu Timnas Indonesia U-19 kalah 2-4.

David Gallego Rodriguez, pelatih Espanyol B, usai duel persahabatan menyebut kalau gaya main Egy mirip bintang Barcelona, Lionel Messi.

“Menurut saya, Egy bermain seperti Lionel Messi karena bisa melewati beberapa pemain lawan. Egy menunjukkan permainan dan kualitas teknik yang sangat bagus,” ucap David Gallego Rodriguez.

Egy bermain bukan sebagai penyerang murni. Ia jadi pemain liar di lini depan, sebagai penyerang sayap atau second striker yang sama berbahayanya dengan target man. Peran ini dijalani Messi di Tim Catalan.

Yang menarik untuk dicermati sebenarnya bukan soal Egy yang digadang-gadang sebagai Messi Indonesia. Melainkan bagaimana Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19 menemukan solusi terhadap keterbatasan stok striker murni yang bisa diandalkan sebagai goal getter

Di dunia sepak bola seorang striker murni biasanya diidentifikasi sebagai pemain nomor 9. Ia berperan sebagai ujung tombak di barisan terdepan. Tugas utamanya mencetak gol, tak peduli berapa lama ia dapat kesempatan menguasai bola sepanjang pertandingan.

Pemain nomor 9 di Indonesia jadi barang langka dalam beberapa tahun terakhir. Setelah era Bambang Pamungkas dan Ilham Jayakesuma, tak ada lagi striker haus gol yang jadi andalan Tim Merah-Putih mencetak gawang lawan.

Sesuatu yang ironis mengingat sejak era 1960-an Indonesia secara kesinambungan selalu memproduksi predator-predator haus gol. Sucipto Suntoro, Bambang Nurdiansyah, Ricky Yakobi, Widodo Cahyono Putro, Adolf Kabo, Kurniawan Dwi Yulianto, Gendut Dony, adalah deretan penyerang nomor 9 dengan reputasi mencetak gol mentereng.

47 Total Views 3 Views Today
Like & share: